KLIK SALAH SATU iklan DIBAWAH UNTUK MENUTUP






skripsi segala jurusan
anda butuh skripsi? di sini tersedia skripsi segala jurusan hingga 5500 judul dari berbagai universitas di Indonesia
atau mau uang 110 juta? temukan caranya di sini sekarang juga
KLIK DI SINI
http://www.pedagangskripsi.blogspot.com Ads premium
-

C. Kata Tanya Apa, Siapa, Di mana, Bagaimana, dan Mengapa

C. Kata Tanya Apa, Siapa, Di mana, Bagaimana, dan Mengapa
Bacalah teks wacana berikut ini dalam hati!

Berkunjung ke Bukit Ketep
Bukit Ketep berada di wilayah Desa Ketep, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Letaknya tidak jauh dari Candi Borobudur. Sekitar tahun 2003, Bukit Ketep telah diresmikan sebagai objek wisata untuk menikmati keindahan panorama alam Gunung Merapi. Dari sana kita dapat melihat keadaan Gunung Merapi yang terlihat menjulang tinggi dengan kepulan asap di puncak gunung, bongkah-bongkah bebatuan, dan pepohonan di lerengnya. Seolah kita dapat menjangkaunya. Hal yang
istimewa lagi, dari Bukit Ketep dapat juga kita lihat Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, dan Pegunungan Menoreh.
Sejauh mata memandang, dari Ketep dapat kita amati tanaman hutan yang menghijau, sayur-sayuran, dan daerah perkampungan di lereng-lerengnya. Semuanya dalam keadaan tenang, hampir tanpa suara. Hanya
sesekali terdengar kicauan burung yang melintas. Seolah Merapi tidak mendatangkan bencana.
Di kompleks Bukit Ketep telah dibangun gedung teater yang khusus untuk memutar perjalanan ke puncak Gunung Merapi. Profil Merapi pun diperlihatkan dari puncaknya yang sering berubah-ubah karena sering
meletus. Selain teater, telah dibangun pula sebuah museum yang berisi foto-foto sejarah Gunung Merapi dari tahun 1900 sampai sekarang.
Pada tahun 2007 telah dilengkapi pula dengan teleskop raksasa yang dapat dipergunakan oleh pengunjung untuk menikmati keindahan kawah Merapi dengan perubahan-perubahannya. Objek wisata Bukit Ketep telah dijadikan sebagai lokasi pemantauan Gunung Merapi. Dari situ kita dapat mengetahui dengan jelas kegiatan Gunung Merapi dalam keadaan berbahaya atau tidak berbahaya.
Di Bukit Ketep kita dapat menikmati keindahan alam yang tiada tara. Di sini kita dapat menikmati makanan dan hasil perkebunan. Misalnya: ketela, jagung bakar, tempe kedelai, serta berbagai keripik. Bila ada kesempatan, sebaiknya kita berkunjung ke sana untuk menikmati alam yang indah.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat!
a. Di mana letak Bukit Ketep?
b. Gunung apa saja yang dapat dilihat dari Bukit Ketep?
c. Apa saja yang dibangun di kompleks bukit itu?
d. Mengapa Bukit Ketep menarik untuk dikunjungi?
e. Bagaimana cara pengunjung dapat menikmati keindahan kawah Merapi?

Buatlah kalimat tanya dengan menggunakan kata tanya apa, siapa,di mana, bagaimana, dan mengapa dengan jawaban berupa kalimat di bawah ini!
a. Keindahan Gunung Merapi dapat dilihat dari Bukit Ketep.
b. Pengunjung dapat menggunakan teleskop untuk melihat kawah Merapi.
c. Tanaman hutan menghijau di Bukit Ketep.
d. Saya ingin berkunjung ke Bukit Ketep.
e. Puncak Merapi berubah-ubah karena sering meletus.